Mengupas lebih dalam manusia dengan cinta dan kasih



Cinta cinta dan cinta…Cinta itu memang sangat terikat dan sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia bahkan semua makhluk hidup di bumi ini.Tetapi banyak orang yang hampir tidak pernah tahu sebenarnya apa itu cinta dan bagaiamanakah cinta itu.

Cinta kasih itu adalah suatu perasaan kasih sayang, kemesraan, belas kasihan dan bisa juga pengabdian yang diungkapkan dengan tingkah laku yang bertanggung jawab. Tanggung jawab dimana berarti akibat yang membawa kebaikan.

Jika ada cinta berarti ada juga nafsu tetapi cinta dan nafsu itu mempunyai perbedaan yaitu

a. Cinta bersifat manusiawi, hanya pada manusialah cinta timbul dan berkembang, sedangkan pada binatang terbatas pada naluri untuk melindungi.

b. Cinta menunjukan perilaku memberi, sedangkan nafsu cenderung menuntut.

Sedangkan sayang dapat dikaitkan dengan kasih karena dalam sayang diwujudkan secara lebih nyata rasa cinta seseorang. Sayang memperkuat rasa kasih seseorang yang diwujudkan dalam tindakan yang nyata dan semuanya bersumber dari rasa cinta

Contoh cinta kasih, yaitu sebagai berikut:

1) Cinta kasih antara orang tua dengan anaknya.

Orang tua yang memperhatikan dan memenuhi kebutuhan anaknya, berarti mempunyai cinta kasih terhadap anak, mereka selalu mengharapkan agar anaknya menjadi orang baik dan berguna dikemudian hari tanpa mengharapkan imbalan apapun.

2) Cinta kasih antara pria dan wanita.

Seorang pria memberi perhatian terhadap seorang wanita dengan prilaku baik, lemah lembut, sopan, apalagi memberikan sekuntum mawar merah dan suatu hadiah atau kejutan itu tanda ia menaruh cinta kasih terhadap gadis itu.

3) Cinta kasih antara sesama manusia.

Misal seorang sahabat berkunjung kerumah temannya yang sedang sakit dan membawa obat kepadanya, menghiburnya serta medoakannya berarti sahabat itu menaruh cinta kasih terhadap kawannya yang sakit itu.

4) Cinta kasih antara manusia dan Tuhan.

Apabila seorang taat beribadah, menuruti perintahnya dan menjauhi segala larangan Tuhan, orang itu mempunyai cinta kasih kepada Tuhan pencipta-Nya

5) Cinta kasih manusia terhadap lingkungannya.

Apabila seseorang menciptakan taman yang indah, memelihara tanaman pekarangan, tidak menebang kayu di hutan seenaknya, menanam tanah gundul dengan teratur, tidak berburu hewan secara semena-mena bisa dikatakan orang tersebut menaruh cinta kasih atau menyayangi lingkungan hidupnya.

Tetapi cinta dan kasih itu memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan kita sebagain manusia..Karena itu,cinta membutuhkan suatu komitmen dan kesempurnaan guna mendapatkan cinta dan kasih yang bermakna positif dalam kehidupan kita.

DAMPAK POSITIF :

1. Banyak masalah di saat kita membina suatuupercintaan misal putus cinta,konflik dengan pacar atau orang tua,selingkuh dan lain – lain.Jika kita bisa belajar dari kesalahan dan memahami semua ini,ini semua bisa membuat kita semakin dewasa dan matang dalam menjalin cinta.

2. Cinta itu dapat memotivasi dan memberikan semangat baru bagi kita misal jika kita malas belajar lalu karena cinta kita menjadi rajin belajar.

3. Belajar mengetahui,menerima dan menghargai kelebihan,kekurangan dan karakter

seseorang.

4. Belajar menghargai seseorang dan belajar memberi suatu kasih sayang.Misal kasih seorang ibu pada anaknya.Memberi kasih dan cinta pada anak bukan berarti membiarkan anak berbuat semaunya tetapi bisa dengan memberikan waktu yang lebih bersama anak – anaknya.

5. Membuat hati merasa tentram

6. Baik untuk kesehatan.Misal membuat awet muda dan kadang cinta dan kasih itu bisa menyembuhkan penyakit.

7. Membuat kita merasa hidup ini berwarna dan tidak terasingkan.

DAMPAK NEGATIF :

1. Banyak masalah yang terjadi dalam percintaan.Jika kita tidak kuat menghadapi masalah – masalah itu maka akan menyebabkan kita tidak aktif atau produktif seperti malas belajar,melamun dan kurang percaya diri.

2. Cinta dapat membuat pribadi kita menjadi seseorang yang lemah karena cinta

3. Cinta itu dapat membutakan seseorang.Misal menghalalkan segala cara demi mendapatkan sang pujaan dengan cara yang tidak baik,misal dengan santet,guna- guna atau rela membangkang orang tua sendiri demi sang pujaan

4. Dapat menggoyahkan iman jika kita tidak kuat seperti terjadi perkosaan,seks di luar nikah,pencabulan dan sejenisnya.

5. Banyak melamun sehingga dapat memanjakan seseorang dan terlena akan percintaannya.

6. Jika cinta,kasih disatukan dengan nafsu yang berlebihan dapat menimbulkan suatu tindakan penyimpangan seperti seks bebas,poligami dan lain – lain.

keep the faith, because I want it so bad!

SALAM GANS!

About drputuananta

Success=useful for many people

Posted on May 25, 2010, in LOVE. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: