CARA BERPIKIR ORANG – ORANG YANG GAGAL & ORANG YANG SUKSES

Menurut buku – buku yang telah saya baca dan menurut pengalaman dan penelitian yang telah saya alami dan saya lakukan.Saya menemukan perbedaan yang sangat berbeda yang bisa menentukan kita sukses atau tidaknya di masa mendatang. Memang ini tidak bisa kita jadikan patokan apa tidak kita akan sukses atau gagal di masa mendatang.Tetapi ini bisa kita jadikan sebagai motivasi dan petunjuk atau start awal untuk kita menjadi orang yang lebih termotivasi dan semangat menjalani hidup untuk menjadi orang yang lebih baik dan berkembang menjadi orang yang dapat mencapai cita – cita atau our goal.

Inilah cara berpikir orang sukses dan orang yang gagal:
1. Berpikir pada solusi

Orang – orang yang akan terlihat sukses di masa depannya akan lebih berpikir pada solusi.Karena orang – orang seperti ini percaya bahwa setiap masalah punya solusinya dan mereka yakin akan kemampuannya bahwa ia akan menemukan solusi tersebut.Berbeda dengan orang yang gagal,ia berpikir pada masalah bukan solusi.Orang – orang gagal tersebut selalu menganggap masalah adalah beban padahal itu hanya ujian agar kita dapat menjadi lebih baik dan mereka tidak pernah berpikir solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut.


2. Menolong orang lain

Orang yang sukses juga suka menolong orang lain dan ia lebih sering menolong orang lain seperti halnya dalam pelajaran,lingkungan dan lain – lain. Berbeda dengan orang yang gagal,mereka lebih sering meminta pertolongan orang lain.Mereka tidak pernah percaya akan dirinya sendiri bahwa sebenarnya mereka bisa tetapi mereka cenderung lebih meminta pertolongan orang lain dan itu membuat mereka tidak maju dan tidak berkembang dan pada akhirnya mereka menjadi orang yang gagal.


3. Melihat solusi pada setiap masalah yang dihadapi

Ini pasti dimiliki oleh orang yang akan sukses.Mereka pada umumnya pasti selalu melihat solusi pada setiap masalah dan rintangan yang dihadapi karena mereka tidak mudah menyerah dalam menghadapi setiap rintanagan/masalah karena dalam benak mereka sudah tertanam suatu pemikiran bahwa ada solusi di setiap masalah.Berbeda dengan orang yang gagal,mereka cenderung melihat masalah di setiap solusi.


4. Mengatakan “Solusinya sulit tapi mungkin”

Kata – kata ini sering saya dengar pada orang – orang sukses bahwa mereka dalam menghadapi suatu masalah yang sangat berat sekalipun mereka tidak pernah langsung pasrah atau menyerah begitu saja karena mereka percaya solusi itu selalu ada walaupun sulit tapi mungkin dapat diatasi masalah tersebut sebab tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini.Berbeda dengan orang yang gagal,ia mengatakan “Solusinya mungkin tapi sulit”.Coba cerna kalimat ini baik – baik.Mereka cenderung tidak mau mencoba solusi yang ada di setiap masalah yang dihadapi karena mereka cepat menyerah dan pasrah dalam menghadapi suatu masalah.


5. Memiliki mimpi untuk diwujudkan

Memang semua orang pasti pernah dan punya mimpi.Dan Bermimpi itu sebenarnya penting karena dari mimpilah kita dapat menentukan target yang harus kita dapat untuk menjadi orang yang sukses.Tetapi apa guna kita bermimpi bila tidak diwujudkan.Ini pemikiran orang – orang yang sukses bahwa “saya punya mimpi dan mimpi itu harus saya wujudkan”.Berbeda dengan orang yang gagal,mereka hanya memiliki khayalan yang mudah hilang.Mereka cenderung malas dan hanya suka melamun dan berkhayal tetapi tidak punya semangat dan niat untuk mewujudkan khayalan dan mimpinya itu.


6. Mengatakan “perlakukan orang lain sebagaimana engkau ingin diperlakukan olehnya”.

Inilah kata – kata atau ucapan yang sering terlontar dari orang sukses.Apabila ia ingin diperlakukan baik oleh orang itu,maka ia memperlakukan orang tersebut sebagaimana ia ingin diperlakukan oleh orang tersebut.Berbeda dengan orang yang gagal,mereka selalu mengatakan “ Tipu orang sebelum ia menipumu”.


7. Memandang pekerjaan adalah harapan.

Bagi orang sukses,pekerjaan itu adalah suatu harapan.Harapan yang dapat membuat mereka menjadi orang yang sukses.Bebeda dengan orang gagal,mereka cenderung memandang pekerjaan itu menyiksa.Mereka cenderung sering mengeluh terhadap pekerjaan yang mereka lakukan sehingga mereka cenderung menganggap pekerjaan itu adalah beban bagi mereka.


8. Melihat masa depan dan mencari celah yang mungkin dilakukan untuk sukses.

Orang sukses selalu berpikir untuk mencari celah dan peluang bahwa ia harus sukses dan wajib untuk sukses.Berbeda dengan orang gagal,mereka cenderung melihat kebelakang dan melihat apa yang mustahil dilakukan.Karena mereka cenderung terlalu banyak berpikir dibandingkan pelaksanaannya.


9. Berfikir jauh ke depan

Orang sukses cenderung berpikir jauh ke depan.Berbeda dengan orang gagal cenderung berpikir jangka pendek dan kenikmatan sesaat.


If you cant share your wealth yet, surely you can share your knowledge and time,…for others! ‘I will share what I have when I’m rich’ is said only by those who are stingy



SALAM GANS!



About drputuananta

Success=useful for many people

Posted on May 27, 2010, in CREATIVITY. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: