Mengetahui Karakter Sahabat Dekat Kita


Sebelum kita membahas tentang karakter dari sahabat kita,ada baiknya kita mengetahui dahulu apa itu sahabat.Sahabat menurut saya adalah seseorang yang selalu ada di saat kita sedih dan senang atau istilahnya bisa berbagi dalam suka dan duka.Sahabat dengan teman itu sangat berbeda karena teman tidak bisa selalu ada di saat kita suka maupun duka.Oleh karena itu disini saya ingin membahas tentang karakter sahabat dekat saya yang memang sangat dekat dengan saya dan selalu bersama saat suka maupun duka dan selalu bisa memberi bantuan kepada saya apabila saya membutuhkannya.Saya akan membahas karakter sahabat saya ini berdasarkan aspek – aspek menurut daya manusianya,tipe manusia,dan sifat – sifatnya.

Sahabat saya yang akan saya ceritakan ini bernama Gilang Vincentsmith.Ia biasa dipanggil Gilang.Dia ini adalah seorang mahasiswa,seangkatan dengan saya dan ia sedang berkuliah di Institut Teknologi Bandung(ITB) jurusan Perminyakan.Saya memulai persahabatan dengannya sudah dari TK(Taman Kanak – Kanak).Ayahnya adalah sahabat seperjuangan dengan ayah saya.Jadi istilahnya persahabatan ayah saya dengan ayahnya diteruskan generasinya oleh persahabatan saya dengannya.Gilangmempunyai ciri khas dengan kulit putih karena memang ayahnya keturunan Amerika,matanya yang agak besar atau tidak sipit,rambutnya yang hitam dan lurus yang sering ia modifikasi,ia pun bisa dibilang berbadan cukup tinggi dan proporsional,tingginya saja kira – kira 182 cm dan badannyapun bagus karena ia memang sering fitness.Oleh karena dilihat dari ciri – ciri fisiknya itu,bisa dibilang ia termasuk Ras campuran yaitu Kaukasoid dan Mongoloid.Menurut pandangan kacamata saya selama kita bersahabat,saya sangat memahami seluk beluk tentang dia.Dia itu orangnya tergolong “Aliran Dualisme” karena ia tergolong orang yang sifatnya lebih dewasa lebih daripada saya walaupun umur kita sama tetapi dari segi kedewasaan,ia jauh lebih dewasa daripada saya.Ia lebih tenang menghadapi masalah,berbeda dengan saya yang terlalu tergesa – gesa menghadapi suatu masalah.Oleh karena pada tingkat aliran dualisme itu emosi sudah dapat dikendalikan dengan baik maka ia termasuk aliran ini karena memang ia sangat mengatur emosinya dengan sangat baik.

Selain itu,Gilang ini dilihat dari segi akal dan intelegensi memang bisa dibilang sangat pintar.Dari SD,ia sering mendapat peringkat lima besar bahkan 1 pun ia pernah mendapatkannya.Saya ingat waktu itu ia mengikuti tes IQ di SMAnya,ia mendapat IQ 140. Bisa juga dibuktikan kepintaran seorang gilang dari tempat ia berkuliah sekarang yaitu ITB. Hanya orang – orang pintar dan terpilih yang memang pantas berkuliah disana dan apalagi ia berhasil masuk jurusan yang memang favorit di ITB yaitu perminyakan.Saya memang bangga punya teman pintar seperti dia.Tetapi saya rasa memang kepintarannya ini bisa berasal dari ayah ibunya yang memang pintar,ayahnya bekerja di BPK dan ibunya seorang dokter gigi.Tetapi,gilang memang tergolong rajin dan ulet.Saya pun banyak belajar banyak dari dia.Perasaan dan emosinya bisa dibilang calon orang sukses,ia memiliki perasaan intelek yang bagus,percaya diri(self confident) juga bagus dan perasaan sosialnya juga sangat bagus.Itu semua memang didukung dengan kemauan,fantasi dan prilaku yang bagus pula.Ia banyak mengikuti organisasi – organisasi di universitasnya,ia juga suka mendengarkan motivator – motivator ternama.Karena itu,ia memang selalu termotivasi dan ia juga banyak mengambil kata – kata mutiara dari para motivator yang telah ia dengar untuk memotivasi saya untuk terus berusaha demi cita – cita dan kesuksesan yang harus kita dapat.
Menurut seorang pemikir yunani kuno yaitu CLAUDIUS GALENUS.Ia membagi ada 4 tipe manusia yaitu sanguinikus,melankholikus,kholerikus dan flegmatikus.Dari pengamatan saya,Gilang itu termasuk ke tipe Flegmatikus tetapi ia pada dasarnya mempunyai sifat campuran yaitu sifat Flegmatikus dan Sanguinikus.Dari segi positifnya,ia memang tidak banyak perasaan yang tegang,mudah merasa memiliki harapan – harapan yang hebat karena itu ia selalu termotivasi untuk mewujudkan semua harapannya itu,ia juga memang tidak mudah terharu dan selalu tegar walau cobaan dan tantangan yang ia hadapi itu berat,ia juga selalu tenang menghadapi masalah,ia selalu berpikir panjang dahulu sebelum menyelesaikan masalahnya,ia juga mempunyai sikap tertib dan teratur,bisa dilihat dari cara ia mengatur waktunya antara belajar,bermain,organisasi dan bergaul dengan teman – temannya,ia dapat mengatur semuanya dengan baik terbukti dengan IP nya yang mencapai 3,75 diantara organisasi dan hobinya yaitu bermain futsal,ia dapat mengaturnya dengan baik serta ia mempunyai sikap suka menolong dan mudah memaafkan seseorang jika melakukan kesalahan.Ia juga memiliki sifat positif yang termasuk dari tipe Sanguinikus yaitu ia itu percaya diri,mudah bergaul dan tidak takut menghadapi masa depan.Ia memang sangat percaya diri dan optimis,bisa dibilang ia adalah seseorang yang cukup kharismatik,ia juga bisa membuat teman – temannya untuk bersikap optimis dan tidak takut untuk menghadapi masa depan dan ia mempunyai banyak teman juga karena dari sikapnya yang ramah,dan suka menolong temannya dan pandai berkomunikasi.Tidak heran jika ia mudah bergaul dan mempunyai banyak teman.Tetapi manusia tidak sempurna dan pasti mempunyai sisi negatifnya di balik semua sisi positifnya.Sisi negatif dari seorang gilang yaitu ia kurang bisa mengatur moodnya atau perasaannya tidak stabil,kadang ia itu semangat jika mood nya bagus tetapi bisa saja besok berubah 180 derajat seperti menjadi pemalas,maka dari itu ia selalu berusaha untuk menyeimbangkan moodnya dengan bersosialisasi serta ia juga suka cepat merasa bosan dan ia kadang kurang konsekuen dengan omongan dan janji – janji yang padahal belum tentu bisa ia tepati.
Tetapi terlepas dari itu semua,Gilang memang sahabat yang sangat baik di mata saya.Saya mempunyai teman sangat banyak tetapi saya mempunyai sahabat tidak sebanyak teman – teman yang saya punya.Oleh karena itu,lebih sulit mencari sahabat dibanding mencari seorang teman.Oleh karena itu hargai dan sayangi sahabatmu sebagaimana engkau menghargai dan menyayangi orang tuamu.



Apa yang anda lakukan hari ini. Itulah untuk masa depan anda…!!!



SALAM GANS!



About drputuananta

Success=useful for many people

Posted on May 27, 2010, in CREATIVITY. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

