SOLUSI UNTUK MENGHADAPI MOBIL MOGOK

Suatu ketika,saya pernah mengalami yang namanya mogok.Nah,kejadiannya itu yaa sudah agak lama sih.Dan itu di saat ntuk pertama kalinya saya mengendarai mobil saya sendiri.Memang saya masih awam soal mesin atau segala hal yang berbau tentang mobil.Saat itu,,saya sedang menuju perjalanan untuk menjemput sang pacar dan mengajaknya untuk nonton bioskop,biasa Saturday night,hehe.Tetapi untungnya,mobil saya mogok sebelum sampai di rumah dia,coba kalau mogoknya saat bersama dia,mau ditaruh dimana muka saya yang tampan ini,,hehe,.Dari sanalah asal muasal saya menyukai dunia otomotif sekaligus paham tentang hal – hal yang berbau mobil.Oleh karena itu saya mau berabgi tips nih untuk mengatasi mobil yang mogok sekaligus mencegahnya…

1.Banyak bertanya

Maksud banyak bertanya disini,jika kalian ke bengkel mobil untuk sekedar service,kalian jangan hanya diam dan menuggu atau cuci mata di bengkel..Kalian itu harus aktif untuk bertanya pada sang montir.Jadi kalian tahu bagaimana mengatasi dan mencegah mogok.Mumpung ilmu gratis, soalnya ilmu itu mahal,,hehe

2. Bensin kosong

Nah ini,,yang harus pertama kamu check jika kamu mengalami mogok,biasanya orang lupa mengisi bensin yang menyebabkan mogok,bensin itu ibarat minuman bagi mobil.Kalau mau mesin dan suara halus sih pakai pertamax,saya biasanya sih pakai pertamax.

3. Mesin terlalu panas

Nah kalau ini saya pernah mengalaminya di puncak karena mengalami stuck dan macet sampai 5 jam,,bodohnya saya memakai AC di mobil.Jadi ada baiknya kalau saat seperti itu,,matikan AC atau liat di speedometer itu kan pasti ada pengukur suhu mobil,kalau sudah panas,lebih baik istirahatkan sejenak mobil kamu.

4. Ada lampu indicator oli nyala

Emm,,teman saya pernah mengalami ini,dan penyebabnya adalah oli kamu habis atau kurang oli kamu.Tetapi kamu ga usah panik.Cari bengkel terdekat dan tuangkan olinya ke mobil.Dijamin mobil kamu sembuh deh.Ibarat oli itu makanan bagi mobil.



5. Air radiator habis

Nah ini,paling sering dialami kamu – kamu pastinya.Setelah kamu check bensin ada baiknya kamu liat persediaan air radiator kamu..Kalau habis,segera kamu beli air aqua yang 1 liter lalu isi ke radiator kamu.

6. Kopling bau

Nah ini biasanya terjadi saat keadaan menanjak.Dan mobil kamu terlalu berat dan banyak menginjak kopling sehingga keluar bau – bau kopling.Lebih baik istirahatkan mobil kamu dan apabila baunya sangat menyengat dan kopling dirasa kurang pakem,ganti kopling mobil kamu.

Nah,itu semua pengalaman mogok yang pernah saya alami.Semoga bermanfaat buat kalian semua tapi kalau kamu memang sudah tidak bisa memperbaikinya sendiri.Lebih baik telvon jasa marga yang siap membantu ada…hhe

saya percaya, banyak hal baik bisa berdatangan walaupun hanya dimulai dengan kata-kata (yang baik pula tentunya)



SALAM GANS!

About drputuananta

Success=useful for many people

Posted on May 27, 2010, in CREATIVITY. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

