Perkembangan Digital Cinema

Sekarang ini kita hanya tahu caranya menonton film di bioskop,tetapi apakah kalian pernah mengetahui bagaimana cara pembuatan film – film yang kita tonton di bioskop.Bagaimana cara pembuatannya,Teknologi apa yang dipakai,dan bagaimana mereka memakai teknologi tersebut ke dalam film sehingga film – film tersebut terasa lebih hidup,menarik dan bahkan membuat kita berpikir bagaimana bisa film – film tersebut bisa tercipta.Oleh karena itu,untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut,saya akan membahas tentang perkembangan teknologi – teknologi perfilman dunia yang film – filmnya menjadi box office dan meraih pendapatan yang sangat besar.



1. CGI (Computer Generated Imagery)

Coba kita lihat terlebih dahulu kepanjangan dari CGI,sudah terlihat jelas kalau teknologi ini sangat bergantung dengan komputer.Jadi CGI itu adalah suatu grafik komputer 3D yang bisa digunakan untuk pembuatan film,acara dan animasi. Beberapa software CGI yang populer antara lain Art of Illusion,Maya, Blender, dan lain-lain.



Aplikasi ini juga memberikan suatu kualitas grafis yang sangat tinggi dengan efek yang lebih terkontrol dari pada dengan cara konvensional yaitu membuat miniatur untuk adegan kecelakaan atau dengan menyewa aktor figuran untuk menggambarkan suasana keramaian penuh sesak. Salah satu efek CGI dalam film yang kurang dikenal, namun penting, adalah digital grading. Dengan efek ini warna asli hasil shooting direvisi menggunakan perangkat lunak untuk memberikan kesan sesuai dengan scenario


Contoh film yang memakai aplikasi CGI ini yaitu wajah Sean Bean (pemeran Boromir) dalam The Lord of the Rings: the Two Tower ketika mati dibuat lebih pucat. Jadi, tidak dengan trik kosmetik, tetapi dengan polesan komputer,Selain itu ada juga Toy Story yang memakai teknologi ini.



2. Animatronik


Teknologi ini biasanya digunakan untuk pembuatan film – film yang banyak memakai karakter hewan sebagai pemeran utamanya.Ciri khas dari animatronik adalah teknologi ini menggunakan robot,berbau elektronik dan menggunakan semacam boneka mekanis.


Animatronik tidak hanya diguakan pada pembuatan film tetapi juga digunakan di theme park atau bidang lain di dunia entertain.


Animatronik ini mempunyai keunggulan yaitu tidak menggunakan simulasi,tetapi menggunakan suatu objek dengan skala 1:1 yang bergerak di depan kamera.Jadi dalam pembuatan film,misal di film Jurassic Park,Hewan – hewan dinosaurus tersebut bisa bergerak zig – zag dan bisa berlari dan melakukan gerakan – gerakan lain karena bantuan semacam boneka yang dibuat dan lebih bisa dibilang berbentuk robot dan digerakkan oleh seorang manusia untuk mentransfer gerakan – gerakannya ke dalam bentuk digital.



Ada beberapa tahap yang harus di lalui untuk menggunakan teknologi animatronik ini yaitu


1.
Menggambar bentuk yang ingin dibuat di atas kertas

2.
Membuat model miniaturnya

3.
Membuat model berukuran aslinya

4.
Memasukkan komponen animatroniknya ke dalam model yang sudah selesai dibuat.

Contoh film yang menggunakan teknologi ini adalah Jurrasic Park,Jaws dan KingKong.

3. Efek BlueScreen



Film yang menjadi sangat terkenal berkat penggunaan teknologi ini adalah SUPERMAN.Pasti kalian pernah bingung bagaimana seorang manusia dapat terbang denga kecepatan penuh.Ternyata di balik pembuatannya menggunakan suatu teknologi canggih dan memang lebih simple disbanding teknologi seperti animatronik,efek morphing dan teknologi lainnya.






Jadi cara kerja film dengan menggunakan efek blue screen ini yaitu adegan dilakukan di studio yang dinding dan lantainya terselimuti tirai biru.Warna biru pada tirai dikunci sehingga menjadi area transparan yang dibuat gambar akan diisi latar belakang video shootg hasil di tempat lain.


Contoh film yang menggunakan teknologi ini adalah SUPERMAN yang meraup pendapatan hingga 55 juta dollar.




Jadi itulah 3 dari sekian banyak perkembangan teknologi yang mencerminkan bahwa perkembangan digital cinema di era sekarang ini terus berkembang pesat dan semakin maju seiring permintaan para penggemar film yang membuat para filmmaker terus bersemangat untuk membuat karya – karya film hebat lainnya.Serta teknologi – teknologi di atas dapat memudahkan para filmmaker mewujudkan imajinasi – imajinasi mereka yang terkadang di luar nalar manusia tetapi dapat dikemas dalam suatu film yang hebat dengan teknologi yang akan terus berubah dan berkembang maju.


SUMBER :




http://toelank.wordpress.com/2010/02/07/teknkik-pembuatan-film-dengan-animatronik-cgi/



Jangan nunda pekerjaan, jangan malas. Kedua hal ini akan menunda kamu dalam meraih sukses



SALAM GANS!

About drputuananta

Success=useful for many people

Posted on October 24, 2010, in CREATIVITY. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: