Implementasi DBMS pada Database

Era database di jaman IT sekarang ini terus berkembang seiring kebutuhan para pengguna IT untuk menggunakan database dalam aplikasi – aplikasi mereka. Untuk membuat aplikasi database dibutuhkan suatu software. Apakah Software untuk membuat database? Bagaimana implementasinya? Contoh – contoh aplikasi database? Semua jawaban ini hanya anda dapatkan di http://www.putuananta.blogspot.com

Apakah Software untuk membuat database, Dr.Poetoe?
Database yaitu tempat penyimpanan data. Untuk memudahkan kita membuat suatu aplikasi database dibutuhkan software yaitu DBMS ( Database Management System). DBMS berguna untuk memudahkan kita membuat suatu database. Banyak DBMS yang digunakan yaitu Mysql, Postgresql, Oracle, Sql server. Masing – masing dbms mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing. Misalnya Mysql, Mysql banyak digunakan untuk ukuran database yang tidak terlalu besar seperti facebook, web. Berbeda halnya dengan Oracle, Oracle digunakan untuk perusahaan – perusahaan besar dimana databasenya berukuran diatas GigaByte bahkan sampai Terabyte. Aplikasi database bisa digunakan untuk banyak hal tergantung keinginan si pembuat. Implementasi aplikasi database biasanya digunakan untuk membangun suatu website.

Bagaimana implementasinya,Dr.poetoe?
DBMS yang biasa digunakan untuk membangun website yaitu Mysql. Dengan bantuan software yaitu xampp dimana di dalamnya terdapat fitur yaitu phpmyAdmin yang memudahkan kita mengkoneksikan PHP dan Mysql agar web kita menjadi dinamis. Database pada web biasanya digunakan untuk menampung data – data user pada login web. Jadi jika ada user yang ingin login ke suatu website maka data – data si user disimpan di phpmyAdmin. Selain itu penggunaa aplikasi database biasa digunakan untuk membuat satu perpustakaan. Untuk membangun suatu perpustakaan, cukup menggunakan Mysql karena sangat jarang data – data di perpustakaan yang berukuran sampai 1 TB. Biasanya untuk membangun perpustakaan kita menggunakan Mysql. Selain itu untuk membuat suatu kamus elektronik juga menggunakan Mysql.

Perlu diingat bahwa dbms untuk membuat database dapat digunakan untuk opensource karena keunggulan opensource yaitu dari segi security sangat kuat dan tidak mudah di hack oleh orang lain.

Contoh – contoh Aplikasi Database, Dr.poetoe?
Selain itu aplikasi database biasa digunakan untuk ATM yang sering kita gunakan untuk mengambil uang, DBMS yang digunakan yaitu Oracle. Oracle biasa digunakan untuk merancang dataase ATM karena selain dari security Oracle sangat handal dan kuat, kapasitas data ATM mencapai di atas 1TB sehingga membutuhkan suatu dbms yaitu Oracle. Selain itu, Oracle memiliki tools – tools yang memudahkan seorang DBA(Database Adminsitrator untuk membuat suatu database besar dan memasukkan data pengguna ATM yang sangat banyak.

Di era sekarang ini yaitu di era dimana dunia IT sedang bergerak ke arah cloud computing, Oracle sebagai DBMS yang familiar dan digemari para penggunanya. Model layanan yang diberikan Oracle untuk Cloud Computing menurut NIST (National Institute Of standard Technology) adalah model yang memungkinkan akses on-Demand terhadap sumber daya komputasi yang dapat di konfigurasi dalam waktu singkat untuk dapat digunakan bersama-sama seperti jaringan, server, penyimpanan, aplikasi dan layanan. Oracle juga menyediakan tiga macam model layanan cloud computing yaitu Software As a Service (SaaS) dengan contoh produk Oracle CRM On Demand, Platform As service (PaaS) yang spesifik ditujukan untuk bahasa pemrograman atau API, seperti java atau Python.


Kesimpulannya Aplikasi database bisa digunakan untuk berbagai macam hal seperti membuat website, membuat perpustakaan, kamus,administrasi keuangan dan banyak lagi. Untuk membuat aplikasi database tersebut dibutuhkan suatu software yang disebut DBMS.

Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna. ~ Einstein


SALAM GANS!

About drputuananta

Success=useful for many people

Posted on March 19, 2011, in DATABASE. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: